21 Jun 2015

Membuat Menu Untuk Pemula di Android Dengan Button

Assalamu'alaikum...

Pagi Bloggers mania, Pagi juga buat kalian yang lagi belajar Android. Langsung saja ya..
di Posting sebelumnya sudah ada postingan:
Membuat Menu (ini untuk tingkat menengah) : http://hanapert.blogspot.com/2014/12/membuat-menu-di-android.html
dan artikel-artikel tentang Android yang lainnya.

Pagi ini untuk kalian yang masih pemula dan masih kenalan sama yang namanya Android, saya ingin share pembelajaran bagaimana membuat menu di Android.

  1. Tentunya kalian sudah membuat project baru di android ya.. kalau belum ikuti pembelajaran di Link pertama yang sudah saya berikan.
  2. Next kalau sudah, kalian bisa lihat di eclipse kalian ada file ...dotjava dan main.xml. pada screenshoot saya, saya beri nama andro.java 
  3. Sebenarnya untuk yang sudah mengerti bisa memilih ingin memasukkan kodingannya terlebih dahulu di file.java nya atau mendesign layoutnya terlebih dahulu. Untuk kalian yang masih belajar agar lebih mudah kita design dulu layoutnya. Berikut tampilan awalnya:
  4. Klik bagian main.xml, sehingga tampilannya menjadi seperti ini:
     
  5. Kalau kalian masih belum hafal dengan kodingan untuk membuat button, kalian bisa pilih kembali ke tampilan graphical layoutnya, seperti nomor 3, kemudian kalian klik dan tarik pilihan 'Button' kedalam tampilannya. Berikut tampilan yang terlihat:
  6. Pertanyaannya adalah "bagaimana cara mengubah ukuran dan text yang terlihat di Buttonnya"? Jawabannya: kalian kembali ke tampilan main.xml dan lihat kodingan yang ada disana: 
     kalian bisa mengubah nama Tampilan untuk Button di bagian Text nya :Button 1 misal diubah jadi "Klik" atau bisa juga diubah sesuai kemauan. Bagian Ukuran atau Size ukuran lebar dan tinggi kalian dapat diubah sesuai kemauan. Penjelasan mengenai Wrap_content dan Fill_parent setelah ini akan dijelaskan. Misalkan kita ubah ukurannya untuk lebar 250dip dan untuk tinggi 50dip.
     Lihat perubahan graphical layoutnya: 
  7. Jangan Senang dulu, masih belum selesai, kalian jangan lupa save. Coba kalian Debug aplikasi kalian, hasilnya: 
     ketika kalian klik masih belum berhasil karena kalian belum masukkan kodingan button kedalam javanya. Jadi kembali ke eclipse kalian dan edit bagian kodingannya. Masukkan perintah javanya.
  8. Masuk kedalam andro.java dan kemudian masukkan kodingan dibawah ini kedalam android kalian: 
     jika kalian masih menemui error seperti di screenshot yang saya temui, itu dikarenakan a.class dan layout untuk menampilkan a.class nya belum ada masih belum kalian buat. Cara mudahnya klik pada bagian error tersebut dan ikuti langkah-langkahnya, di postingan berikut ini: http://hanapert.blogspot.com/2015/06/membuat-class-baru-dan-xml-baru-pada.html
  9. Setelah itu edit bagian android manifest nya, agar a.class dapat muncul, ikuti langkah di sini: http://hanapert.blogspot.com/2015/06/memasukkan-file-class-lain-kedalam.html
  10. Kalian run dan berikut hasilnya:

Selamat Belajar. Jangan sungkan untuk bertanya. Terima Kasih sudah berkunjung. 
wassalam

0 komentar:

Posting Komentar